Kamis, Juni 12, 2008

Berinteraksi Dengan Orang Lain

Berikut ini adalah beberapa tips untuk berhubungan oranglain. tapi pada prinsipnya adalah bagaimana kita mengembangkan empati kepada saudara kita itu.

A. KATA-KATA YANG SANTUN DAN LEMBUT
Dalam pergaulan hendaklah kita selalu berbicara dengan kata-kata yang santun karena dengan demikian akan terbangun suasana perbincangan yang menyenangkan. hindarkanlah kata-kata yang kasar, menyakitkan ,memojokan ,merendahkan dan mempermalukan orang yang kita ajak bicara . Dalam bercanda juga kita harus memperhatikan erasaannya ,walaupun niat kita hanya bercanda ,mungkin bagi dia itu suatu hal yang menyakitkan.Dosa terhadap manusia adalah dosa yang paling susah dihapus sebelum dia memaafkannya.
B. MAU MEMINTA MAAF
Manusia ditakdirkan tidak luput dari kesalahan,baik yang disengaja ataupun tidak.Apabila kita sudah sadar akan kesalahan kita pada orang lain, kita jangan segan-segan untuk minta maaf. Karena ALLAH tiak akan mengampuni dosa kita sebelum orang yang kita dzalimi atau sakiti mau memaafkan kesalahan kita. Sebagai contoh apabila kita menghadapi suatu kesalah pahaman dimana kedua belah pihak merasa yang paling benar. Maka barang siapa yang meminta maaf terlebih dahuludialah yang menang karena dia telah mampu mengalahkan egonya ,hawa nafsunya dan menyadari bahwa memutuskan silaturrahmi itu dosa. Maka dari itu marilah kita menjadi orang yang mau minta maafatas kesalahan yang kita buat dengan membuang rasa ego kita,rasa malu atau mungkin gengsi kita.
C. MAAFKAN KESALAHANNYA
Jadilah pemaaf yang lapang dan tulus terhadap kekurangan dan kesalahan orang lain kepada kita. Pemberian maaf pada orang lain akan membuat bahagia dan senang siapapun yang pernah melakukan kekhilafan terhadap kita. Dan insyaallah akan mengangkat citra kita dihatinya.

Tidak ada komentar: